Home » » Perlukah Membaca Untuk Anak?

Perlukah Membaca Untuk Anak?

Posted by Rbb Lentera Ilmu on Sunday, 15 March 2015

read with my parentHal penting apa yang ingin Anda tanamkan pada anak Anda? Apakah Anda ingin anak terlihat cerdas, pintar dan kreatif? Anda bisa mendapatkannya. Di usia anak yang masih sangat belia, Anda memiliki kekuatan dan pengaruh besar untuk menanamkan semua sifat baik kepada anak Anda.

Tinggal bagaimana cara pendekatan yang Anda gunakan untuk anak. Mungkin Anda bisa memberikan mainan untuk membangun daya kreativitasnya, atau memberikan buku gambar yang bisa diisi oleh anak.
Satu cara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan membacakan buku kepada anak. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membaca buku bersama-sama. Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membacakan buku untuk anak Anda?

1. Membangun Kedekatan Emosi

Satu keuntungan besar yang bisa Anda dapatkan adalah membangun kedekatan secara emosi pada anak. Anda bisa menunjukkan langsung pada anak untuk memberikan kasih sayang Anda. Menurut Gary Chapman ada lima bahasa kasih setiap orang.Yaitu: kata-kata pendukung, tindakan melayani, pemberian hadiah, waktu berkualitas, dan sentuhan fisik. Anak dengan bahasa kasih kata-kata pendukung akan merasa disayangi saat mereka diberi kata-kata dukungan.
Anak dengan bahasa kasih melayani sangat senang jika ia diberi tindakan pelayanan atas apa yang mereka lakukan atau membantu masalah yang mereka sedang hadapi. Anak dengan bahasa kasih pemberian hadiah akan merasa disayangi saat mereka diberikan hadiah. Hadiah itu tidaklah selamanya harus mahal. Hadiah kecilpun bisa menjadi sangat bermakna bagi mereka.
Anak dengan bahasa kasih waktu berkualitas akan selalu menuntut untuk ditemani melakukan kegiatanya secara bersama-sama. Yang mereka butuhkan adalah waktu Anda bersama dengan mereka. Tugas Anda adalah memberikan perhatian atas apa yang dilakukan secara bersama-sama. Anak dengan sentuhan fisik akan merasa disayang saat mereka diberikan sentuhan fisik. Apakah itu tepukan kecil atau elusan pada bagian tubuh tertentu.
Dengan membacakan buku untuk anak, Anda telah menunjukkan kasih sayang Anda kepada mereka. Apalagi untuk anak yang bahasa cintanya waktu berkualitas dan sentuhan fisik.

2. Menanamkan Nilai-Nilai Baik Pada Anak

Keuntungan lain yang bisa Anda berikan adalah menanamkan nilai-nilai baik kepada anak. Seperti kejujuran, ketulusan untuk membantu orang lain, peduli kepada orang lain, kerja keras dan sifat-sifat baik lainya yang ada di dalam buku cerita.
Nilai-nilai baik yang Anda tanamkan ini akan menjadi landasan dasar anak nantinya dalam menjalani kehidupanya di masa depan. Anda harus ingat bahwa apapun yang Anda katakan akan langsung terekam di pikiran bawah sadar anak. Ini karena pikiran sadar anak belum bekerja optimal.
Pikiran sadar akan bekerja optimal ketika anak telah berusia 13 tahun. Jadi Anda harus hati-hati dan cermat memilih kata-kata positif yang ingin Anda tanamkan pada anak.

3. Mengembangkan Imajinasi Anak

Cara termudah untuk mengembangkan otak kanan anak adalah dengan membacakan cerita yang ia bisa imajinasikan sendiri. Meskipun apa yang mereka bayangkan belum tentu seperti kenyataanya, tapi saat mereka membayangkan telah terjadi reaksi dan sambungan neuron di otak anak.
Anda mungkin beranggapan bahwa berimajinasi itu adalah hal yang sia-sia dan tidak bermanfaat. Justru itu pandangan yang kurang tepat. Berimajinasi bisa membuat anak lebih kreatif. Kenapa? Otak akan mencari tahu bagaimana cara menemukan solusi dari masalah itu sendiri. Bukankah kita tahu bahwa kreativitas dan imajinasi adalah kerja dari otak kanan, di mana kedua hal tersebut berada di pikiran bawah sadar kita.
Jadi, saat Anda membacakan buku, ada kalanya tidak disertai dengan gambar agar memicu anak berimajinasi. Mungkin Anda juga bisa memberikan cerita versi Anda sendiri.

4. Kemampuan Berpikir Logis

Saat Anda membacakan buku akan membantu anak memahami konsep-konsep abstrak, menerapkan logika dalam berbagai skenario, mengenali sebab dan akibat, dan memanfaatkan penilaian yang baik atas apa yang mereka lihat. Ini akan sangat membantu apabila mereka dihadapkan pada permasalah yang membutuhkan pemikiran logis. Akan lebih baik jika Anda meminta pendapat anak dalam cerita-cerita tertentu.

5. Keterampilan Komunikasi Yang Baik  

Saat Anda membacakan buku cerita pada anak, secara tidak sadar anak belajar susunan kata yang baik. Bagaimana membuat kata yang baik dan benar. Semua ini tidak terlepas dari interaksi antar tokoh yang Anda bacakan di buku.
Tanda bahwa anak memiliki komunikasi yang baik adalah saat ia bisa menyampaikan keinginanya, menyatakan ketidak mauanya dalam melakukan sesuatu kepada Anda atau kepada teman-tamannya saat bermain dengan kalimat yang baik.

6. Penguasaan Kosa Kata

Membacakan buku adalah kesempatan yang baik untuk anak mendengarkan kata-kata baru yang belum pernah mereka dengar. Ini adalah cara mudah dan menyenangkan yang bisa Anda berikan kepada anak. Cara ini akan membantunya belajar lebih cepat.
Ini juga akan membuat anak memiliki pembehendaraan kata-kata yang bagus. Kosa kata ini akan membantu mereka lebih mudah untuk memahami pelajaran yang akan diajarkan di sekolah nantinya.

7. Keunggulan Ekademik

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa anak prasekolah yang mendapatkan waktu membaca buku bersama orangtua, lebih mampu melakukan dengan baik semua aspek dari pendidikan formal. Ini semua tidak terlepas dari pemahaman kosa kata yang mereka dapatkan saat membaca buku bersama orangtua.

8. Dasar-Dasar Cara Membaca

Anak tidak dilahirkan dengan pemahaman bahwa membaca itu selalu di awali dari kanan ke kiri, mengapa gambar terpisah dari huruf. Tapi semua pengetahuan ini didapatkan dari hasil pembelajaran. Anak akan mengetahui bagaimana cara membaca buku yang benar meskipun mereka belum bisa membaca buku. Ini justru akan sangat membantu anak saat akan masuk sekolah nantinya.

9. Membaca Itu Menyenangkan

Ini akan sangat menguntungkan bagi orangtua untuk membentuk satu kebiasaan baik pada anak bahwa membaca adalah proses yang menyenangkan. Daripada memaksa anak untuk membaca, lebih baik menunjukkan secara langsung bersamaan dengan anak.
Saat orangtua dan anak bisa mengalami emosi intens secara bersamaan. Seperti tertawa, sedikit rasa takut dan rasa penasaran akan buku yang dibaca. Emosi yang intens ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mengajarkan secara tidak langsung kepada anak bahwa membaca itu adalah satu proses yang menyenangkan.
Inilah manfaat yang Anda bisa dapatkan dari membacakan buku untuk anak. Apakah selama ini Anda pernah membacakan buku untuk buah hati Anda? Tuliskan komentar Anda di bawah ini.



Sumber : http://bacakilat.com/perlukah-membaca-untuk-anak/

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh Rbb Lentera Ilmu

0 komentar: