Tumbuh Kembang Anak

Sekolah TK yang setara dengan pendidikan anak usia dini (PAUD) masih sering dipertanyakan oleh para orangtua. Apakah penting untuk diikuti anak atau bisa saja dilalui langsung ke tahapan sekolah dasar. Nyatanya, memasuki taman kanak-kanak memiliki peran penting pada fase tumbuh kembang anak. Pada dasarnya, kegiatan di taman kanak-kanak dapat membentuk kualitas anak sedini mungkin. TK juga disebut-sebut sebagai cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah yang sebenarnya kepada anak.

Berikut pembahasan lengkap terkait seberapa pentingnya taman kanak-kanak untuk fase tumbuh kembang anak.


Meningkatkan kemampuan fisik dan mental anak 

Alih-alih memaksa anak untuk mempelajari mata pelajaran yang rumit, tahapan TK pertama-tama akan berusaha untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental anak terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah dengan bermain sambil belajar. Misalnya bermain menyusun puzzle atau merangkai balok balok.

Karena dilakukan sambil bermain, fisik anak terutama kemampuan motorik kasarnya akan lebih terasa. Beberapa permainan juga didesain untuk membentuk karakter yang tidak mudah menyerah, bertanggung jawab, mandiri, dan berani mencoba hal-hal baru.

Meningkatkan efektivitas dan kapasitas otak anak 

Usia anak ketika memasuki taman kanak-kanak bisa dibilang sebagai masa-masa yang penting terkait perkembangan otak. Oleh karena itu sebaiknya anak melakukan kegiatan yang merangsang perkembangan otak tersebut. Sebagai orangtua di rumah, tentu Anda juga bisa mengadakan kegiatan yang meningkatkan efektivitas dan kapasitas otak anak. Namun akan lebih baik lagi jika penyerahannya di TK karena sudah ada kurikulum yang sudah dirancang semaksimal mungkin. Lalu, anak-anak pun didampingi oleh tenaga pengajar profesional.

Mempersiapkan anak ke jenjang pendidikan selanjutnya

Di Indonesia sendiri, anak-anak diwajibkan untuk mengemban pendidikan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Tapi jika anak-anak langsung memasuki sekolah dasar, mereka akan kaget dan tidak terbiasa dengan jadwal pelajaran yang padat. Belum lagi banyak pelajaran yang perlu dipelajari dan ujian-ujian yang akan dijalani.

Di sinilah tahapan TK memegang peran untuk mempersiapkan anak sebelum masuk sekolah dasar. Dari segi pendidikan, anak sudah mendapatkan bekal pendidikan dasar sehingga bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Sebut saja dari hal yang paling sederhana seperti kemampuan baca tulis. Jika kemampuan ini belum terasah, maka anak akan ketinggalan dari teman-teman sekelasnya.

Mereka pun sudah terbiasa dengan suasana sekolah. Selain itu, anak sudah belajar cara bersosialisasi dengan teman sehingga tidak ada rasa terasingkan. Serta mampu menagih disiplin untuk mengikuti rangkaian jadwal pelajaran setiap hari.

Meningkatkan perkembangan emosional dan intelektual anak

Saat mengikuti kelas di TK atau taman kanak-kanak, anak tidak hanya belajar soal ilmu pengetahuan. Tapi juga belajar untuk mengembangkan emosional dan intelektual anak. Mulai dari cara bersabar, bergaul dengan teman, bekerja sama dalam kelompok, jujur, meminta santun, disiplin, mandiri, dan masih banyak lagi. Anak-anak juga diperkenalkan dengan aktivitas yang memancing intelektual dan kreativitas seperti bernyanyi, menari, serta mewarnai.

Moral anak-anak juga mulai dibentuk pada era sekolah TK sehingga ketika memasuki usia sekolah dasar dan seterusnya, mereka mampu menjadi pribadi yang berkualitas tinggi.

0
Tags

Post a Comment

0Comments

Tinggalkan Pesan Buat Kami

Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !