• Aktivitas Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya

    Baca Juga

    Aktivitas Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi - Pada kesempatan kali ini, saya akan share makalah tentang "Aktivitas Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya". Bahwa keaktifan siswa selama proses belajar mengajar merupakan salah satu indikator adanya keinginan atau motivasi siswa untuk belajar. Siswa dikatakan memiliki keaktifan apabila ditemukan ciri-ciri perilaku seperti sering bertanya kepada guru atau siswa lain, mau mengerjakan tugas yang diberikan guru, mampu menjawab pertanyaan, senang diberi tugas belajar, dan lain sebagainya.
    Aktivitas Belajar dan Faktor yang MempengaruhinyaSeorang pakar pendidikan, Trinandita (1984) menyatakan bahwa hal yang paling mendasar yang dituntut dalam proses pembelajaran adalah keaktifan siswa. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran akan menyebabkan interaksi yang tinggi antara guru dengan siswa ataupun dengan siswa itu sendiri. Hal ini akan mengakibatkan suasana kelas menjadi segar dan kondusif, dimana masing-masing siswa dapat melibatkan kemampuannya semaksimal mungkin. Aktivitas yang timbul dari siswa akan mengakibatkan pula terbentuknya pengetahuan dan keterampilan yang akan mengarah pada peningkatan prestasi.

    Ok lah saya tidak akan panjang lebar, di bawah ini saya hanya menampilkan deskripsi pada Bab I yaitu Pendahuluan, sedangkan untuk Bab-Bab selanjutnya atau makalah lengkapnya sahabat-sahabat bisa mendownloadnya [di sini] atau pada link paling bawah.


    BAB I 
    PENDAHULUAN

    A. Latar Belakang

    Psikologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang membahas mengenai masalah kejiwaan manusia. Dalam dunia pendidikan, ilmu psikologi ini digunakan untuk membantu mengenali jiwa anak didik dari tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor agar dalam proses belajar mengajar semakin lancar. Hubungan psikologi dengan pendidikan dan pembelajaran sangat erat sekali, karena dengan mempelajari ilmu kejiwaan seorang guru dapat memberikan pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan perkembangan peserta didik. Artinya, psikologi digunakan sebagai pedoman dalam memberikan materi pendidikan dan pembelajaran. Sehingga yang menjadi tujuan dalam pendidikan dan pembelajaran akan mudah tercapai.

    Adanya perubahan paradigma pendidikan saat ini menuntut adanya perubahan proses pembelajaran di dalam kelas. Peran guru saat ini diarahkan untuk  menjadi  fasilitator  yang  dapat  membantu  siswa  dalam  belajar,  bukan sekedar menyampaikan materi saja. Guru harus mampu melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajara secara optimal. Menurut Rusman (2011: 323) pembelajaran akan lebih bermakna jika siswa diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas kegiatan pembelajaran, sehingga siswa mampu mengaktualisasikan kemampuannya di dalam dan di luar kelas.

    Tugas utama seorang guru adalah membelajarkan siswa. Hal ini berarti bahwa bila guru mengajar, maka diharapkan siswa mampu mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut dalam arti lain siswa ikut berperan aktif. Sebagai guru yang professional, hendaknya guru memilih metode dan media yang tepat untuk digunakan anak dalam belajar. Guru juga harus mengerti segala aktivitas yang dilakukan muridnya karena sebagian besar waktu seorang guru adalah bersama muridnya. Jika ada aktivitas belajar anak yang kurang sesuai guru mengarahkan dan membimbing siswanya kepada aktivitas belajar yang dikehendaki.

    Seorang guru juga harus tahu apa keinginan siswanya dan faktor-faktor apa  saja  yang  dapat  mempengaruhi  anak  dalam  aktivitas  belajarnya. Karena dengan demikian, guru dapat menyusun strategi yang tepat untuk pembelajarannya dan secara otomatis apa yang menjadi tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Oleh karena itu, dalam makalah ini dipaparkan secara jelas mengenai segala aktivitas tentang belajar serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

    B. Rumusan Masalah
    Apakah pengertian dari aktivitas belajar?
    Apakah yang termasuk dalam aktivitas belajar?
    Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi aktivitas belajar?
    C. Tujuan Penulisan
    Menjelaskan pengertian dari aktivitas belajar.
    Mengkualifikasikan beberapa aktivitas belajar.
    Memaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar.

    Demikianlah makalah tentang Aktivitas Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya, semoga dengan adanya makalah ini bisa membantu sahabat-sahabat dan tentunya bisa menambah wawasan tentang belajar.


  • You might also like

close
Banner iklan disini