Pengenalan Dini Kemampuan Berhitung Kepada Anak - Pada postingan
kali ini, membumikan pendidikan akan share tentang bagaimana Pengenalan
Dini Kemampuan Berhitung Kepada Anak. Sebelum membumikan pendidikan akan
membahas perihal hal tersebut, alangkah lebih sistematis,
sahabat-sahabat membumikan pendidikan bisa membaca postingan sebelumnya
yaitu tentang:
Kembali pada postingan kali ini bahwa terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang guru dalam upaya pengenalan (deteksi) dini sampai sejauh mana kegiatan permainan berhitung dapat diberikan kepada anak. Pengenalan dini perlu dilakukan untuk menjaga terjadinya masalah kesulitan belajar karena belum menguasai konsep berhitung. Sebagai contoh terdapat banyak kasus dimana berhitung di jalur matematika seolah-olah menjadi sesuatu yang menakutkan bagi anak.
Kesenangan anak dalam penguasaan konsep berhitung dapat dimulai dari diri sendiri ataupun rangsangan dari luar seperti permainan-permainan dalam pesona matematika (permainan tebak-tebakan, kantong pintar dan mencari jejak).
Demikianlah sekilas uraian mengenai Pengenalan Dini Kemampuan Berhitung Kepada Anak. Semoga bisa menginspirasi dan bisa dimplementasikan dan tentunya dapat bermanfaat.
Sumber :
membumikan-pendidikan.blogspot.com
Kembali pada postingan kali ini bahwa terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang guru dalam upaya pengenalan (deteksi) dini sampai sejauh mana kegiatan permainan berhitung dapat diberikan kepada anak. Pengenalan dini perlu dilakukan untuk menjaga terjadinya masalah kesulitan belajar karena belum menguasai konsep berhitung. Sebagai contoh terdapat banyak kasus dimana berhitung di jalur matematika seolah-olah menjadi sesuatu yang menakutkan bagi anak.
Kesenangan anak dalam penguasaan konsep berhitung dapat dimulai dari diri sendiri ataupun rangsangan dari luar seperti permainan-permainan dalam pesona matematika (permainan tebak-tebakan, kantong pintar dan mencari jejak).
Ciri Anak Suka Permainan Berhitung
Ciri-ciri yang menandai bahwa anak sudah mulai menyenangi permainan berhitung antara lain:- Secara spontan telah menunjukan ketertarikan pada aktivitas permainan berhitung.
- Anak mulai menyebut urutan bilangan tanpa pemahaman.
- Anak mulai menghitung benda-benda yang ada di sekitarnya secara spontan.
- Anak mulai membanding bandingkan benda-benda dan peristiwa yang ada di sekitarnya.
- Anak mulai menjumlah-jumlahkan atau mengurangi angka dan benda-benda yang ada di sekitarnya tanpa disengaja.
- Apabila ada anak yang cepat menyelesaikan tugas yang diberikan guru, hal ini menunjukkan bahwa anak tersebut telah siap untuk diberikan permainan berhitung dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.
- Apabila anak menunjukan tingkah laku jenuh, diam, acuh tak acuh atau mengalihkan perhatian pada hal lain, hal ini menunjukan bahwa telah terjadi masalah pada anak. Itu berarti, anak membutuhkan perhatian atau perlakuan yang lebih khusus dari guru.
Konsep berhitung seperti apa yang harus dikenalkan kepada anak?
Pada anak usia prasekolah, matematika hanya pengalaman dan bukan penguasaan. Ikutilah konsep yang harus diperkenalkan pada anak dengan dimulai:- Korespondensi Satu Satu
- Pola
- Memilah/menyortir/klasifikasi
- Membilang
- Makna angka dan pengenalannya
- Bentuk
- Ukuran
- Waktu dan Ruang
- Penambahan dan pengurangan
Demikianlah sekilas uraian mengenai Pengenalan Dini Kemampuan Berhitung Kepada Anak. Semoga bisa menginspirasi dan bisa dimplementasikan dan tentunya dapat bermanfaat.
Sumber :
membumikan-pendidikan.blogspot.com