Home » » Yuk, Ajari Anak Beri Pertolongan Pertama pada Orang Lain

Yuk, Ajari Anak Beri Pertolongan Pertama pada Orang Lain

Posted by Rbb Lentera Ilmu on Tuesday, 15 October 2013



Jakarta, Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi saat anak-anak tidak didampingi orang tuanya. Misalnya saja terjatuh, mimisan, atau terbentur. Oleh karena itu, penting memberi pengetahuan anak tentang pertolongan pertama yang bisa diberikan ketika mereka sakit.

"Pertolongan pertama penting tidak hanya bagi mereka sendiri tapi juga ketika ada temannya yang sakit atau terluka. Namun ini hanya bersifat pertolongan dini saja, yang penting mereka harus segera minta bantuan orang yang lebihg dewasa," kata dr Rohana Damanik.

Hal itu disampaikan dr Ana saat melatih peserta First Aid Children Class di Gran Melia Hotel Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Minggu (13/10/2013). Berikut ini pertolongan pertama yang bisa diajarkan pada anak-anak supaya mereka bisa menolong teman atau dirinya sendiri ketika sakit atau terluka:

1. Terkena air panas
Siram luka bakar dengan air yang mengalir selama sepuluh menit. Setelah itu, supaya tidak kotor, tutup luka dengan plastik atau handuk yang bersih. Namun sebetulnya untuk mengatasi luka bakar cukup dengan menyiramnya menggunakan air mengalir.

2. Mimisan
Beradalah pada posisi duduk lalu pencet bagian bawah hidung dengan kepala agak menunduk sedikit.

3. Tersedak
Jika sedang bersama dengan temannya, sebaiknya si anak bertanya dulu 'kamu kenapa' kepada si teman. Sebab, terkadang ada anak yang jahil berpura-pura tersedak. Untuk menolong teman yang tersedak, pukul punggung menggunakan bagian bawah telapak tangan sebanyak lima kali, jika tidak berhasil ulangi lagi lima kali.

4. Terluka
Anak-anak sebaiknya tidak menggunakan rivanol atau alkohol. Pokok dari penanganan luka adalah memberhentikan pendarahan. Maka, sebagai pertolongan pertama cukup gunakan plester untuk menutup luka yang kecil.

5. Terbentur
Kompres bagian yang terbentur dengan sesuatu yang dingin, tidak harus es batu, misalnya botol air es juga bisa digunakan

(vit/vit)

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh Rbb Lentera Ilmu

0 komentar: